Home » , , , , , , , , , » Review Samsung Galaxy V Harga Rp1,2 Jutaan

Review Samsung Galaxy V Harga Rp1,2 Jutaan

Seperti biasa, klo review yang agak seriusan, kita pake bahasa Indonesia aja ya. Ribet soalnya. Lagian kan, ini blog punya orang Indonesia, he he he.. Trus, apa yang akan kita bahas kali ini?

Tema kita kali ini adalah review Samsung SM-G313HZ atau yang dikenal dengan nama Samsung Galaxy V, salah satu smartphone yang sedang hits di pasaran.

Galaxy V merupakan smartphone entry level keluaran Samsung. Ia mendapatkan embel-embel Duos, yang artinya merupakan smartphone dual SIM (GSM-GSM dual standby).



Pada paket penjualannya, Samsung menyediakan perlengkapan yang cukup "wah" untuk smartphone di harga Rp1 jutaan. Selain handset, baterai dan manual, tersedia charger (kabel power menyatu dengan konektor), earphone, plus satu buah kabel USB.

Yang menarik, Samsung Galaxy V juga dibundel dengan kartu GSM Simpati dari Telkomsel yang sudah dilengkapi dengan pulsa sebesar Rp3000 plus kuota Internet sebesar 2GB. Ada juga voucher yang dapat digunakan untuk membeli sticker ataupun theme di LINE, salah satu aplikasi jejaring sosial yang sedang marak penggunaannya.

Produk yang pertamakali dirilis pada September 2014 ini merupakan smartphone Android KitKat berlayar 4 inci dengan resolusi 480x800 pixel. Ia diperkuat prosesor single core ARM Cortex-A7 VFPv4, NEON berkecepatan 1,2GHz dan grafis Mali-400 dengan RAM sebesar 512MB.

Di bagian depan, terdapat camera 0,3 megapixel dan tombol fisik khas Samsung. Di bagian belakang, camera 3 megapixel lengkap dengan lampu flash disediakan. Di sebelahnya adalah keluaran untuk audio.
Jika kita buka back cover, terlihat dua slot GSM, slot microSD, dan label garansi dari Samsung Electronics Indonesia (SEIN). Tombol power sendiri ada di sisi kanan, volume di sisi kiri dan port USB/power ada di bagian bawah.
Secara default, tampilan homescreen Samsung Galaxy V menayangkan sejumlah aplikasi standar yang tentunya bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan pengguna. Jika kita swipe bagian atas layar ke arah bawah, akan ada pull down menu yang berisi beberapa opsi dan notifikasi.

Dari sisi storage, Samsung menyediakan media penyimpanan sebesar 4GB serta slot microSD yang mendukung kapasitas hingga 64GB. Adapun untuk konektivitas, tersedia koneksi HSDPA hingga kecepatan download 21Mbps, WiFi, Bluetooth, serta micro USB 2.0.
Dari sisi kamera, Samsung Galaxy V bisa memotret hingga resolusi 2048x1536 dengan pilihan modus Auto, Sound & shot, Panorama, serta Night mode. Adapun untuk merekam video, kamera yang disediakan hanya mampu merekam hingga kualitas VGA saja.
Berikut spesifikasi lebih detail terkait Samsung Galaxy V yang disediakan oleh AnTuTu. Bagaimana dengan kinerjanya?
Menggunakan aplikasi benchmark umum, yakni AnTuTu v5.1, smartphone ini mendapatkan poin 8489. Sangat jauh tertinggal dibandingkan dengan Lenovo K900 yang dirilis pada Januari 2013 lalu. Meski demikian, tentu ini tidak bisa dibandingkan karena Lenovo K900 dipasarkan di harga yang berkali-kali lipat dibanding Samsung Galaxy V.

Kesimpulannya, Samsung Galaxy V ini ditujukan bagi penggemar fanatik Samsung dengan budget terbatas. Di harga Rp1,2 juta sebenarnya ada pilihan lain yang menawarkan kinerja lebih baik dan fitur lebih lengkap. Misalnya Asus Zenfone 4 atau LG L40 Dual D170. Tetapi kalau budget Anda pas-pasan namun nama besar Samsung yang Anda perlukan, silahkan pilih Galaxy V.