Home » , , , , , , » Menikmati Jaringan Baru Super Internet Cepat

Menikmati Jaringan Baru Super Internet Cepat

Indosat baru-baru ini menggelar uji coba jaringan 4G LTE yang sedang mereka siapkan untuk segera digelar di 23 kota di Indonesia. Uji coba bertajuk Icip-Icip 4G LTE Indosat ini dilangsungkan di kantor pusat Indosat, dengan disaksikan oleh sejumlah wakil dari komunitas Indosat dan khalayak. Gue kebetulan salah satu yang beruntung dapat menyaksikan langsung uji coba tersebut.

Saat uji coba dilangsungkan, dengan mata kepala sendiri gue menyaksikan bahwa jaringan baru super internet cepat dari Indosat memang benar-benar cepat! Saat dicoba untuk melakukan download file video full HD berukuran 6GB, jaringan 4G LTE Indosat yang dapat berjalan di frekuensi 900 dan 1800MHz bisa mentransfer data hingga kecepatan 185Mbps!

Ngomong-ngomong soal kecepatan Internet Indosat, sampe di rumah, jadi pingin tahu. Seberapa cepet sih, koneksi internet yang bisa gue nikmati saat ini?

Kebetulan di Internet, tepatnya di Google Play (gue pengguna Android), ada aplikasi yang namanya 4Gmark. Langsung aja gw download dan install. Habis itu, ya langsung dicoba donk! Kebetulan, gue pakai SIM card Indosat di smartphone yg gue pake. Jalanin 4Gmark, tunggu sebentar, dapet lah segini:


Penasaran, gue copot kartu gw dan pinjem handphone temen yang kebetulan udah support LTE Cat4 yang notabene bisa melakukan download hingga 150Mbps. Pasang kartu, jalanin 4Gmark, dapetnya segini:



Dari uji coba singkat di atas, kita bisa melihat ternyata device yang kita pakai bisa mempengaruhi berapa speed Internet yang bisa kita dapat. Terbukti, dengan kartu yang sama, lokasi percobaan yang sama, di waktu yang nyaris sama, tapi dengan smartphone yang berbeda spesifikasi, khususnya pada fitur konektivitas data, hasil yang didapat bisa lumayan beda.

Sayangnya SIM card yang gue punya masih SIM card yang biasa. Informasi yang gue dapat, untuk bisa menikmati layanan di jaringan baru super internet cepat, kita disarankan untuk menukar SIM card yang sekarang kita gunakan dengan SIM card keluaran baru yang sudah siap mendukung itu. Selain itu, berhubung saat ini pemerintah belum mengeluarkan izin pada seluruh operator GSM untuk menggelar layanan 4G LTE, jadi gue belom bisa menikmati internet cepat itu di rumah.

Tips Menikmati Internet Cepat Indosat
Seperti sudah disebut di atas, kalau mau menikmati jaringan Super Internet Cepat, kita sebaiknya tukar SIM card kita dengan yang terbaru. Tetapi berhubung belum tersedia untuk umum, yaa kita nikmati saja jaringan internet cepat yang sekarang sudah disediakan. Berikut ini beberapa tindakan yang bisa dilakukan kalau ingin menikmati pengalaman ber-internet Indosat yang cepat di smartphone:
  • Pertama, ya daftar dulu ke paket Super Internet Kuota di *123# atau instant.com (kalau sudah terdaftar, coba cek status lewat *123# atau instant.com).
  • Smartphone kamu sudah 3G, HSPA, atau malah 4G LTE? Pastikan jaringan yang dipilih sudah yang paling cepat. Ya iya lah, kalau diset ke GSM only, mana bisa dapat speed super kenceng.

  • Pastikan APN yang sudah diberikan sudah tepat. Kalau APN salah, jangankan internet cepat, bisa konek aja belom tentu!

  • Sebelum mulai menjelajah internet, pastikan juga aplikasi yang jalan di background dan sudah tidak digunakan, tutup-tutupin dulu. Kalau nggak, bisa-bisa pas lagi enak-enak browsing, handset malah jadi lemot, nge-lag, atau malah "not responding". Bete kan kalo gitu?

  • Sebaiknya, pakai browser yang paling pas. Di Google Playstore, banyak sekali pilihan browser yang bisa digunakan. Browser yang berbeda menawarkan fitur, performance ataupun kemampuan yang berbeda. Pilih yang paling cocok dengan aktivitas browsing Anda.

  • Setelah lama digunakan, biasanya browser menyimpan sisa-sisa bekas aktivitas browsing kamu sebelumnya. Sebaiknya, lakukan clear data, atau clear cache supaya browser jadi enteng lagi dan aktivitas browsing bisa jadi nyaman. Gak usah lah nyimpen-nyimpen cache, toh koneksi internet sudah cepat, kan?

  • Tips terakhir, sebaiknya lakukan update terhadap aplikasi-aplikasi yang kamu install di smartphone kamu, termasuk browser. Biasanya produsen aplikasi akan memberikan update secara berkala dan perbaikan-perbaikan terhadap software-nya supaya semakin nyaman digunakan.

Kalau langkah-langkah di atas sudah dilakukan, dijamin, kenyamanan saat berselancar di dunia maya  bisa didapat. Selamat mencoba!