Home » , , , » Review Asus ZenPower, Powerbank Kecil Kapasitas Besar

Review Asus ZenPower, Powerbank Kecil Kapasitas Besar

Saat ini orang tidak bisa lepas dari gadget. Baik itu smartphone, tablet, ataupun pemutar multimedia (misalnya MP3 player). Katanya sih, hidup serasa nggak berwarna deh, kalau nggak bawa gadget. Betul nggak?

Sebagai perangkat elektronik, semua gadget tersebut menggunakan baterai isi ulang. Artinya, kalau baterainya habis, perlu diisi ulang. Nah, di sinilah muncul kebutuhan atas penyimpanan listrik cadangan, alias powerbank kalau lagi jauh dari sumber daya listrik. Yaa, supaya nggak mati gaya!

Asus, yang juga bermain di industri smartphone dan tablet, tentu gak mau ketinggalan untuk membuat powerbank. Setidaknya untuk pengguna produk-produknya. Dan tipe pertama yang masuk pasaran Indonesia adalah ABTU005, ZenPower dengan kapasitas 10.050mAh.


Dari sisi kemasan, ZenPower ini biasa saja. Boks pembungkusnya cukup mungil. Lha iya lah, powerbank-nya aja ukurannya cuma sebesar kartu kredit (katanya). Ngapain juga boks-nya gede-gede.

Di belakang boks, ditempelin kartu jaminan pakai doble tape. Lha, kok nggak ditaro di dalam ya? Tapi ya gpp lah. Yang penting powerbank ini ada garansi resmi Asus Indonesia selama 6 bulan. Mayan kan?



Copot kartu jaminan, terlihat spesifikasinya. Ia butuh input DC 5.0V dengan pasokan 2.0A dan menyediakan keluaran DC 5.1V dengan arus sebesar 2.4A. Kapasitas baterainya sendiri 3.6V alias 10.050mAh. Dimensi dan bobotnya, lihat sendiri lah.



Berikut tampak atas dan kemasan yang ada di dalam boks Asus ZenPower. Selain powerbank dan kartu jaminan tadi, ada juga user manual dan kabel USB. Sayangnya, nggak ada adaptor untuk menghubungkan powerbank ini dengan jala-jala listrik. Tapi yaa nggak apa juga sih. Kalau kita beli powerbank, teorinya sih kita udah punya smartphone atau tablet kan? Ada chargernya kan?



Berikut spesifikasi teknis yang ada di kemasan Asus ZenPower dan di-copas ke body ZenPower-nya itu sendiri.



Berikut penampilan di sisi lain dari Asus ZenPower. Ada tombol power, empat indikator LED, port USB untuk menghubungkan ke PLN dan micro USB untuk menghubungkan powerbank ke gadget. Ngomong-ngomong penampilan, ZenPower ini keliatan kokoh dengan casing metal berwarna silvernya.



Terus, katanya sih ini powerbank seukuran kartu kredit. Berhubung penulis nggak ada, adanya ATM, yaa kita bandingin. Ternyata emang ampir sekecil kartu ATM. Eh, kartu kredit sama kartu ATM ukurannya sama kan?



Pengujian
Berikut ini spesifikasi teknis Asus ZenPower ABTU005, powerbank 10.050mAh:


Saat diterima dan dinyalakan, ternyata Asus ZenPower yang penulis terima sudah ada isinya sekitar 50 persen. Tandanya ya dari 2 LED yang nyala itu. Langsung dong, isi dulu sampe nyala semua.

Total jenderal, butuh waktu sekitar 3,5 jam sampai itu LED nyala semua. Artinya, kalau dari 50-an persen sampai nyala semua dia butuh 3,5 jam, kalau dari 0 persen, tarolah dia butuh 7-an jam sekian menit. Mayan lah ya, 10 ribu mAh coy!

Lalu, gimana pengisiannya?

Saat dicoba untuk mengisi smartphone Asus PadFone S (kebetulan adanya itu), menggunakan aplikasi Ampere, kita bisa melihat bahwa Asus ZenPower mengisi daya ke baterai PadFone S dengan arus sebesar 640 sampai 750mA.

 

Dengan aplikasi Battery Monitor Widget, kita bisa ketahui history dari baterai smartphone kita. Ternyata, dari kondisi baterai 10 persen di pukul 23:30 malam, di pukul 01:41 dini hari ternyata baterai sudah penuh. Cepet juga ya?

Kebetulan ada temen yang punya ZenFone 2. Dari kondisi baterai sekitar 5 persen dan kondisi ZenPower penuh, powerbank ini bisa mengisi penuh baterai ZenPower dan masih ada sisa separuh.

Dari sisa separuh ini, penulis coba lagi untuk mengisi baterai PadFone S yang ada di sekitar 3 persen sampai penuh. Ternyata, masih ada lagi sisanya.

Nah, saat dicoba untuk mengisi lagi daya ZenFone 2, dari kondisi sekitar 5 persen, Asus ZenPower masih bisa mengisi sampai 60 persen. Mayan banget kan?

Kesimpulannya, buat Anda yang punya gadget berbaterai besar, powerbank ini recommended. Buktinya, dengan kondisi gadget penulis di atas, Asus ZenPower masih bisa mengisi berkali-kali. Body-nya yang kokoh juga lumayan bisa menentramkan hati, kalau-kalau powerbank ini terjatuh. Kecepatannya mengisi baterai smartphone juga lumayan bagus. Kabarnya, ZenPower 10.050mAh akan beredar bulan ini di Rp269 ribu dan garansi resmi 6 bulan. Okelah.