Home » , , , , , » Review Xiaomi Redmi 1S, Murah Meriah Layak Dipertimbangkan

Review Xiaomi Redmi 1S, Murah Meriah Layak Dipertimbangkan

Nama Xiaomi memang belum terlalu akrab di telinga para pengguna smartphone jika dibanding Apple, Samsung, Nokia, BlackBerry, Sony, LG, Asus, dan seterusnya. Tapi jangan salah. Brand yang satu ini, dengan metode gerilya-nya, mulai berhasil menggerus pangsa pasar brand-brand terkemuka di atas.

Salah satu produk yang sempat dijadikan andalan Xiaomi untuk bersaing di pasar smartphone yang brutal adalah Redmi 1S. Oke, tipe ini memang bukan yang terbaru, karena sudah hadir sejak setahun yang lalu. Tapi sampai sekarang, model ini masih cukup banyak peminatnya. Ayo kita bahas.

mi.com
Kemasan, Perlengkapan dan Desain
Meski ia ditujukan untuk segmen entry level, tapi apa yang ditawarkan nggak kalah dengan produk mid-end dari produsen top lain. Sebelum kita sedikit membahas beberapa fitur-fitur menarik yang disertakan, kita lihat apa yang disediakan Xiaomi dalam kemasan Redmi 1S.


Xiaomi Redmi 1S kali ini dibeli di salah satu gerai Erafone. Untuk itu, dia punya label TAM pada kemasannya. Kemasannya sendiri tampak sederhana, tidak banyak gambar warna-warni di sana. Di dalam box, tersedia kabel USB sekaligus kabel power serta konektor daya, buku manual dan kartu garansi.


Dari sisi desain, Xiaomi Redmi 1S memiliki bentuk yang serupa dengan smartphone pada umumnya saat ini. Bagian belakangnya yang melengkung membuatnya pas dalam genggaman.

Di bagian atas, terdapat port audio 3,5mm. Port micro USB untuk charging dan transfer data ada di bagian bawah. Di sebelahnya terdapat microphone hole. Tombol power dan volume rocker ada di sisi kanan.


Di bagian belakang terdapat lubang untuk noise cancellation, speaker, kamera dan LED flash. Casing belakangnya berbahan plastik dengan finishing matte. Sayangnya tidak kesat dalam genggaman.


Jika kita buka casing belakang, dapat kita lihat Redmi 1S menggunakan removable Li-Polymer dengan cadangan daya sebesar 2050mAh. Ada dua SIM card slot di sana. Uniknya, tidak seperti smartphone lain pada umumnya, slot tersebut merupakan slot SIM biasa, sehingga Anda tidak perlu memotong SIM card operator Anda menjadi micro ataupun nano SIM.


Di sebelahnya tersedia slot microSD yang mampu menampung kartu tambahan hingga kapasitas 64GB. Di sisi kamera, terdapat speaker. Agak unik juga posisi speaker ini karena dengan demikian, saat smartphone dalam genggaman, suara yang dihasilkan justru malah akan menjauh dari Anda. Berikut ini spesifikasi singkat Xiaomi Redmi 1S:


Aplikasi dan Fitur
Xiaomi Redmi 1S menggunakan sistem operasi Android Jelly Bean yang dapat ditingkatkan hingga 4.4.4 KitKat. Ia menggunakan antarmuka khas yang disebut dengan MiUI versi 5.0 dan bisa ditingkatkan hingga MiUI 6.7.1 yang cukup ringan dan mudah digunakan.

Untuk masuk ke homescreen, pengguna cukup swipe ke atas. Secara default, ada cukup banyak icon di homescreen. MiUI juga menggunakan single layer mode untuk menyimpan seluruh aplikasi yang disediakan. Jadi, cukup swipe ke kiri dan kanan untuk memilih di antara seluruh icon-icon.


Anda juga bisa menggonta-ganti themes smartphone Anda. Pilihannya sangat banyak dan dibagi-bagi dalam beberapa kategori. Yang menarik, jika pengguna menemukan bug, Xiaomi menyediakan fitur MiUI Bug Report Center. Sangat bermanfaat agar smartphone ini semakin baik ke depannya.

Ada pula MiTalk. Aplikasi messanger yang bisa digunakan untuk berbincang-bincang antar sesama pengguna Xiaomi. Baik teks ataupun voice. Dari sisi storage, total 8GB disediakan Xiaomi untuk menyimpan data. 6.14GB di antaranya bisa digunakan untuk menyimpan berbagai aplikasi dan data.


Xiaomi Redmi 1S hadir dengan baterai 2000mAh saja. Namun untuk menghemat daya, Xiaomi, sama seperti produsen smartphone lainnya, menyediakan fitur Battery saver. Cukup banyak opsi yang disediakan untuk dimodifikasi penggunanya.

Ada yang unik. Agar tidak terpencet saat dikantongi, Xiaomi menyediakan opsi Prevent pocket dials. Selain itu, bagi pengguna yang gemar mendengar musik, ia akan dimanjakan dengan opsi equalizer serta headphone dan audio effect yang lengkap. Bahkan ada pilihan untuk penggunaan berbagai tipe earphone.


Aplikasi apa yang paling menarik untuk dicoba-coba pada sebuah smartphone? Kameranya tentu. Berikut ini antarmuka aplikasi kamera pada Redmi 1S. Ada beberapa pilihan filter untuk pengguna yang ingin memotret untuk memberikan efek-efek warna yang berbeda.


Untuk modus pemotretan sendiri, Xiaomi menyediakan opsi yang cukup banyak. Mulai dari Panorama, Timer, HandHeld Twilight mode untuk pemotretan lebih baik di malam hari, Scene mode dan Manual.

Berikut ini contoh hasil tangkapan kamera Xiaomi Redmi 1S.

Indoor
Indoor, low light
Outdoor
Panorama
Jika kita lihat, kualitas hasil jepretan kamera belakang 8MP Xiaomi Redmi 1S cukup bagus. Apalagi kalau dalam kondisi pencahayaan cukup. Tambahan filter-filter yang ada juga bisa membuat pengguna lebih kreatif lagi saat mengambil foto. Lalu bagaimana performanya?

Performa
Menggunakan aplikasi benchmark yang umum digunakan, seperti AnTuTu, 3D Mark, Quadrant, dan MobileXprt, dapat kita lihat bahwa performa Qualcomm Snapdragon 400 yang digunakan pada Xiaomi Redmi 1S sudah cukup baik. Ia mampu menjalankan aplikasi-aplikasi umum yang tersedia di Google PlayStore.

  

Menjalankan aplikasi di smartphone dan berpindah antar aplikasi tidak ada masalah bagi Redmi 1S meski dengan RAM hanya 1GB. Masalah baru akan muncul saat Anda menjalankan banyak aplikasi sekaligus alias multitasking. Dari sisi baterai, prosesor Qualcomm Snapdragon 400 yang digunakan sangat efisien. Ia dapat mematikan ketiga core lainnya jika sedang dalam kondisi idle. Artinya, meski baterai yang digunakan hanyalah Lithium Polymer 2050mAh, dayanya cukup untuk memasok kebutuhan penggunanya seharian.

Akhir kata, jika kita melihat dari sisi kinerja, fitur dan antarmuka yang disediakan, Xiaomi Redmi 1S relatif layak untuk dipertimbangkan jika Anda bermaksud untuk membeli smartphone terjangkau. Di kisaran harga Rp1,5 jutaan, sampai saat ini pun Xiaomi Redmi 1S masih bisa jadi salah satu pilihan menarik.